1001 Misteri Kehidupan Bawah Laut Atlantis!!


MISTERI KOTA ATLANTIS YANG BELUM TERUNGKAP HINGGA SEKARANG

         Atlantis merupakan peradaban yang menjadi misteri hingga sekarang. Plato filsuf dari yunani adalh sumber tunggal semua informasi mengenai Atlantis, sementara para ahli menulis tesis-tesi yang bertele-tele mengenai usia & posisi Atlantis,tak seorangpun yang yakin sepenuhnya bahwa Plato tidak menciptakan bangsa Atlantis sekedar sebagai suatu kiasan bagi apa yang terjadi bila suatu peradaban melewati batas-batasnya sendiri.


         Plato hidup di Yunani diantara 428 dan 348 SM, dan menyingkapkan kisah Atlantis didalam dialog-dialognya”Timaeus”dan”Critias”.Dialog-dialog itu mengisahkan tentang Solon, seorang sarana Yunani yang berkelana ke Mesir.Negeri ini mempunyai pengetahuan dan catatan-catatan yang bertanggal berabad-abad ke belakang. Ketika Solon mencoba membuat tuan rumahnya terkesan dengan kisah-kisah prestasi Yunani,para imam Mesir yang bijaksana menyingkapkan suatu kisah tentang suatu benua dan bangsa yang sama sekali tidak dia kenal.

          Kira-kira 10.000 SM,hiduplah suatu bangsa yang sangat kuat di sebeuah pulau di barat,di seberang ‘Pilar-pilar Herkules’, kini dipecarya sebagai daratan luas disepanjang pantai-pantai Selat Gibraltar.Pulau tersebut adalah kerajaan Poseidon,Dewa Laut. Ia mempunyai gunung yang sangat besar dengan suatu kuil yang dikhususkan untuk sang dewa,mempunyai wilayah terpencil yang subur,ada sistem kanal yang rumit untuk mengairi lahan pertaniannya yang berhasil,dan suatu kota pusat yang sibuk.Pulau itu kaya akan sayur-sayuran, dan tempat bagi tipe hewan-hewan eksotik yang berbeda-beda.

          Penduduk Atlantis semula adalah bangsa yang kuat namun adil. Mereka adalah masyarakat yang maju dengan industri perdagangan yang makmur, mempunyai tentara yang kuat dan mulia dan masyarakatnya sangat terdidik dan berbudaya. Pengaruh mereka sampai ketempat-tempat yang jauh dan luas, dan mereka mengendalikan wilayah-wilayah yang besar dari Afrika,Asia,dan Mediterania. Meskipun pulau itu sudah mencukupi semua keinginan penghuninya, citra rasa mereka untuk kekuasaan dan kekaisaran membawa mereka melebihi batas kemampuannya.Suatu usaha untuk menaklukan Athena gagal, dan penduduk Atlantis mundurke kampung halaman untuk menghadapi bencana yang menyebabkan perubahan yang sangat besar. Legenda mengatakan bahwa dewa besar Zeus melihat kerusakan akhlak yang telah melanda penduduk pulau itu, dan mengirim serangan gempa bumi, kebakaran dan banjir yang bertubi-tubi kepada mereka. Atlantis lenyap dibawah gelombang.


           Sementara kisah Plato dikenal baik, minat modern yang diperbaharui pada Atlantis mulai pada 1882 dengan penerbitan Atlantis: The Antediluvian World karya mantan anggota kongres AS,Ignatius Donnelly.Buku Donnelly adalah campuran terkaan, fakta yang salah tafsir dan sejarah aktual, dia memperhatikan kemiripan-kemiripan di dalam ilmu dan kebudayaan bangsa-bangsa pribumi yang rupanya tidak pernah cocok. Demikian pula banjir kuno, yang dikatakan telah menghancurkan Atlantis, dicatat didalam tulisan-tulisan dan tradisi-tradisi kuno bangsa-bangsa di seantero dunia.

          Persisnya orang Atlantis tidak dikenal.Sebagian mengatakan mereka adalah para alien,sebagian lagi percaya mereka adalah keturunan orang lemuria dan sebagian lagi mengatakan mereka pada akhirnya berkelana kearah barat dan menjadi suku-suku bangsa Amerika pribumi.Demikian pula, penempatan aktual Atlantis adalah topik yang terbuka untuk diperdebatkan. Banyak ahli menyarankan pulau itu sebenarnya ada di Mediterania, dan suatu aliran terus-menerus penyelidikan arkeologis di wilayah itu telah mencoba membuktukan hal ini. Ada teori-teori bahwa Sardinia di Mediterani, dan pulau Thera di laut Agaea, mungkin adalah Atlantis.Keduanya memiliki peradaban-peradaban yang berkembang, bangsa Nuraghidi Saradinia dan kebudayaan Minoan di Thera. Keduanya juga menderita bencana alam yang mengerikan.Tetapi tak satupun dari pulau ini disebelah barat Selat Gibraltar, sehingga menerimanya berarti meragukan geografi Plato. Juga bangsa-bangsa yang maju di pulau-pulauini lenyap kira-kira 900 tahun sebelum Plato menyatakan bahwa Atlantis punah 9000 tahun sebelum dia.

         Para ahli lain mengatakan bahwa Atlantis berada di tengah Atlantik, dan yang tersisa dari pulau itu hanyalah pegunungan, puncak-puncak yang terlihatmenjulang di atas ombak-ombak. Hal ini kini dipercayai banyak orang sebagai kepulauan Azore. Ada juga bukti untuk menyarankan suatu komet raksasa atau asteroid yang menabrak Samudar Atlantik bagian barat daya ribuan tahun yang lalu dan lubang-lubang sedalam 23.000 kaki telah dikenali didasar laut yang dekat dengan Puerto Rico. Para ahli percaya batu jatuh yang menyebabkan lubang-lubang itu akan menciptakan gerakan-gerakan alamiah yang sangat besar, yang cukup untuk menghancurkan kepulauan Atlantik tengah.

           Di kehidupan ini adalah jalan penuh misteri.Dan tahukah Anda bahwa masih banyak misteri-misteri kehidupan yang belum terungkap.Dari misteri-misteri yang sangat dekat dengan kehidupan Anda tersebut.Siapa tahu salah satunya ada didepan mata Anda sekarang.Anda tidak percaya? Kuak saja misterinya sekarang juga!

Komentar

Postingan Populer