Kamu Patut Bangga Akan Bahasa Indonesia Karna 12 Alasan Ini ?


     Blog Katalangka - Apa sih yang akan di bahas pada artikel kali ini? yaitu seputar bahasa, sebelumnya Blog Katalangka telah menjelaskan kenapa seluruh bahasa di dunia ini berbeda-beda. Bangsa Indonesia bukan hanya lebihan akan sumber daya ataupun alam nya saja yang patut kita banggakan, tetapi juga akan budaya dan bahasanya sudah sepatutnya kita sebagai penerus bangsa ini terus melestarikan dan mempertahankan akan hal tersebut.

Kamu Patut Bangga Akan Bahasa Indonesia Karna 12 Alasan Ini ?


     Bahasa sebagai sarana komunikasi dan berinteraksi antar manusia, sejak zaman nenek moyang kita bahasa telah di gunakan, yang sebelumnya hanya menggunakan gambar atau isyarat berubah menjadi komunikasi suara yaitu dengan bahasa. 

    Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa di seluruh dunia ini ada banyak sekali, hingga saat ini terdapat 7.000 bahasa, di setiap wilayah atau Negara telah menetapkan bahasa masing-masing sebagai bahasa resmi. Begitu juga dengan bangsa Indonesia telah menggunakan bahasa resmi, yang pasti Anda tau sendiri bahasa apa itu.

    Bahasa Internasional yang banyak di gunakan di negara-negara berkembang atau pun maju ialah bahasa Inggris. Dengan bahasa ini kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di berbagai negara. Tetapi terdapat banyak negara yang tidak terlalu respect terhadap bahasa ini, sehingga banya masyarakat yang tidak terlalu mahis dalam mengguanakan bahasa internasional ini. Seperti salah satu negara maju di kawasan Asia yaitu Jepang.

   Di bawah ini ada beberapa hal yang patut membuat kita bangga akan bahasa Indonesia :

   Tingkat Kesulitan Bahasa Indonesia di Mata Dunia

   Siapa yang bilang kalau bahasa Indonesia itu bahasa yang mudah, buktinya saja dunia mengakui bahwa bahsa indonesia termasuk dalam 3 bahasa tersulit di Asia. Dan bahasa Indonesia berada di peringkat ke 26 di dunia.
   Di bawah ini beberapa nama bahasa yang sulit di peringkat dunia :
   1. Bahasa kaun Yahudi atau dikenal sebagai BDahasa Ibrani
   2. Bahasa Yunani
   3. Bahasa Latin
   4. Bahasa Jepang
   5. Bahasa Korea
...........
   26. Bahasa Indonesia

   Bagaiamana Anda patut bangga akan kemampuan kita dalam menguasai bahasa indonesia, terutama menggunakannya dengan ejaan yang baik dan benar.

   Banyak Negara Yang Menggunakan Bahasa Indonesia

   Masa sih bahasa indonesia banyak di gunakan di negara-negara lain ? Buktinya terdapat 45 negara di dunia yang menggunakan bahasa Indonesia, salah satu di antaranya adalah Jepang, Australia, Vietnam, Mesir, dan Italia. Di negara Australia bahasa Indonesia sangat populer. di negara tersebut terdapat 500 sekolah yang mengajarkan bahasa Indonesia. yang perlu anda ketahui bahwa bahasa indonesia tidak hanya di pelajari di Indonesia, tetapi ternyata banyak juga negara lain yang mempelajari.

   Dan bahasa Indonesia telah mendapat pengakuan dunia, yang menyatakan bahwa Bahasa Indonesia menempati peringkat 10 bahasa yang paling banyak di gunakan berbagai negara di seluruh dunia.

   Menjadi Bahasa Resmi Ke-2 di Negara Vietnam

   Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, menetapkan bahwa bahasa Indonesia telah menjadi bahasa resmi di negara tersebut sejak bulan Desember 2007.

   Untuk mengembangkan dan mempromosikan bahasa Indonesia di negara Vietnam pemerintah Indonesia akan memberikan kelancara dalam program Study bahasa Indonesia, dan juga terdapat beberapa saranan yang di berikan pemerintah untuk menunjang pembelajaran bahasa indonesia di negara tersebut, di antaranya bantuan Dosen pengajar, perangkat komputer, alat peraga bahkan bantuan dalam bentuk uang untuk kegiatan yang berkaitan dengan promosi bahasa Indonesia di Negara Vietnam.

    Keunikan Angka dalam Bahasa Indonesia

    Penyebutan angka di seluruh dunia berbeda-beda, misalnya Negara, bangsa, Daerah memiliki penyebutan tersendiri atas angka satu sampai dengan sepuluh. dan ternyata terdapat fakta unik dibalik penyebutan angka dalam bahsa indonesia.

    Contohnya saja penyebutan angka 3 di indonesia kita menyebutnya Tiga, tetapi di negara atau daerah lain ada yang menyebutnya three, tri,tolu, san dan lainnya. jika anda masih mengingat penyebutan angka dalam bahasa daerah, terkadang ada penyebutannya yang sama dengan bahasa indonesia dan ada juga yang berbeda.

    Misalnya saja dalam bilangan Satu dan Sembilan yang mempun yang huruf awal, yaitu S dan jika di jumlahkan satu dan sembilan maka hasilnya sepuluh. bukan hanya itu fakta unik lainnya terdapat di awalan huruf penyebutan bilangan. contohnya saja satu dan sembilan awalanya S yang secara beruntun berada pada urutan 19 di dalam alfabet.

    Bila angka satu dan sembilan dijumlahkan kemudian dibagi menjadi dua maka hasilnya adalah 5. dan bentuk angka 5 identik dengan huruf S.

    Keunikan lainnya bisa anda coba sendiri, Cukup gunakan kertas kecil kosong kemudia coba anda tuliskan huruf t ( kecil) kemudian putar kertas 180 derajat makan bisa dilihat angka tujuh dengan cukup jelas. Contoh lainnya untuk angka tiga bisa Anda coba dengan menulis angka walnya yaitu T . Kemudian tulis di kertas dengan besar dan putar 90 derajat ke bagian kanan, akan terlihat dengan jelas angka tiga ( tetapi sedikit moncong )

   Masih banyak fakta menarik bahasa indonesia yang tidak kita ketahui, silaahkan anda cari tau sendiri.

   Bahasa Paling Populer di Australia

   Negara Australia sendiri menjadi salah satu negara yang paling respect terhadap bahasa Indonesia, jika anda tidak percaya silahkan pergi ke negara Australia. Jangan terkejut jika ada anak kecil yang menyapa anda dengan bahsa Indonesia seperti Terima kasih, Selamat malam, Selamat datang, jika mereka mengetahui bahwa anda adalah orang Indonesia.

   Bahkan bukan hanya itu saja di Australia terdapat beberapa universitas besar yang telah menyediakan jurusan bahasa Indonesia. Sehingga dengan demikian dapat di katakan bahwa bahasa Indonesai menjadi bahsa yang paling populer di negara tersebut.

   Situs Resmi Wikipedia Menetapkan bahsa Indonesia menduduki peringkat ke 26 di Dunia dan ketiga di Asia

    Penulis ensiklopedia di internet semakin banyak di gemari masayarakat Indonesia. Bahkan ensiklopedia berbahsa Indonesia telah menjadi ensiklopedia elektronik terbesar ketiga di wilayah Asia setelah, Wikipedia berbahasa Mandari dan Jepang.

    Wikipedia berbahasa Indonesia bahkan menduduki peringkat ke 26 di dunia, dari 250 Wikipedia berbahasa asing di seluruh dunia. Situs Wikipedia Indonesia hingga sekarng telah memiliki 69 ribu artikel dengan penulis dan kontributor aktif sebanyak 30 orang.

    Mesir Membuat Pusat Studi Bahasa Indonesia di Afrika

    Negara Mesir atau yang sering di kenal sebagai negara piramiti ini menjadi sebagai salah satu negara yang paling mepopulerkan bahsa indonesia. Diketahui bahwa negara mesir sedang membangun pusat study bahasa Indonesia yang bertujuan untuk mendalami bahsa Indonesia dengan lengkap dan teliti.

    Leta pusat penelitian ini berada di Suez Canal University, yang melakukan kajian mendalam bahsa Indonesia dalam semua aspek, seperti ideologi, sosial budaya, ekonomi, politik dan pertahanan keamanan dan lainnya.

     Bahasa Indonesia dan Musik berbahsa Indonesia dikirim ke Luar Angkasa

     Bahasa Indonesia di kirim keluar angkasa melalui satelit Voyager, salah satu wanan luar angkasa tanpa awak yang didirikan Amerika Serikat pada tahun 1977. Bagimana mereka melakukannya yaitu berkat piringan emas yang dikirim NASA melalui tim yang dipimpin oleh Carl Sagan dari Universitas Cornell. Dr. Sagan dan timnya berhasil mengmbil gambar dan kumpulan rekaman berbagai suara.

    Piringan emas itu berisi ucapan salam dalam 55 bahasa, musik dari berbagi budaya dan era yang berbeda-beda, termasuk Indonesia. Piringan emas tersebut terdapat pesan cetak dari Presiden Jimmy Carter dan Sekertaris Jendral PBB.

   Bahasa Banyak di Gunakan ke 3 Pada Wordpress

   Wordpress hampir sama halnya dengan blogspot, tetapi yang membedakannya hanya kelengkapan yang lebih di bandingkan blog. Di Indonesia sendiri menjadi salah satu bahasa yang paling banyak di gunakan dalam Wordpress. Bukan hanya itu Indoensia menjadi yag paling bayak dan cepat dalam pertumbuhan penggunaan Search Engine blog.

   Buktinya saja dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan di ketahui telah terdapat 143.000 lebih pengguna baru Wordpress yang berasal dari Indonesia dan telah tercatat pengunjung Wordpress dari indonesia sekitar 117 juta kunjungan daari 40 kota di Indonesia.

   Bahasa Indonesia Menjadi Bahsa Pilihan di Situs Klub Sepak Bola

    Jika anda adalah orang yang gemar dengan olahraga sepak bola, pasti telah mengetahui wesite resmi dari beberpa klub terkenal seperti, Real madrid, Barcelona, Juventus, AC Milan dan lainnya. 

     Di dalam website resmi mereka telah bisa di akses dalam bahasa Indonesia. dari hal tersebut dapat di ketahui bahwa bahsa Indonesia memiliki minat yag lebih mendalam terhadap perkembangan olah raga tersebut. itulaah yang mnyebabkan di muatnya website resmi mereka dalam bahsa Indonesia 
     
  Berbanggalah menjadi bangsa Indonesia yang memiliki banyak kelebihan bukan hanya di mata kita, tetapi juga di mata dunia. Belajarlah dengan menggunakan bahsa Internasiaolal tetapi jangan lupakan bahasa maupun budaya bangsa kita sendiri karna kalau bukan kita siapa lagi yang akan meneruskan bangsa ini. 

   Terimakasih telah membaca artikel. Kamu Patut Bangga Akan Bahasa Indonesia Karna 12 Alasan Ini ?, Jangan ragu untuk meninggalkan jejak dengan berkomentar di kolom bawah

Komentar

  1. Wow..
    bahasa indonesia ternyata populer banget ya..

    baru tahu kalau di vietnam dijadikan bahasa kedua. kalau di australia sudah dengar-dengar banyak dipelajari..

    keren..

    BalasHapus
  2. Iya, bahasa indonesia di australia begitu populer sampai-sampai di jadikan pelajaran di sana.

    Terima kasih kunjungan nya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer