Begitu Menakjubkannya Mukjizat Wudhu, Temuan Tehnologi

    Artikel ini akan membahas sejumlah manfaat kesehatan wudhu yang telah terungkan oelh ilmu pengetahuan modern. Ini tidak lagi menyisakan keraguan akan keagungan Islam, bahwa Islam adalah agama fitrah di mana Allah menjiptakan manusia sesuai dengan fitrah itu.

Begitu Menakjubkannya Mukjizat Wudhu, Temuan Tehnologi

    Sebuah penelitian ilmiah Dr. Majidah Amir, dosen ilmu imunisasi Universitas Ain Syams dan konsultan pengobatan alternatif mengatakan, bahwa wudhu merupakan sarana sangat efektif untuk mengatasi keletihan dan membangkitkan semangat seseorang. Riset menunjukkan, wudhu yang di lakukan bseorang muslim untuk shalat mengembalikan keseimbangan energi yang mengalir di dalam tubuh.

    Wudhu memiliki peran besar dalam kehidupan seorang muslim. Wudhu selalu membuat muslim sadar, energik, dan suci. Nabi bersabda tentang wudhu:
    
    "Siapa berwudhu lalu ia berwudhu dengan baik, dosa kesalahannya keluar dari tubuh nya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya."(HR.Muslim)

    Membersihkan bagian-bagian tubuh yang sering terkena debu tentu sangat penting bagi kesehatan secara umum. Sepanjang hari, bagian-bagian tubuh ini terkena berbsagai macam mikrobia yang berjumlah jutaan di setiap 3 cm udara. Mikrobia-mikrobia ini selalu siap menyerang tubuh manusia melalui jaringan kulit. Satt wudhu, mikrobia-mikrobia ini dikejutkan oleh sweeping menyeluruh dari bagian atas permukaan kulit, terlebih jika disertai pemijatan dengan baik dan penyempurnaan wudhu. Inilah petunjuki nabi dengan demikian setelah wudhu tidak lagi menyisakan kotoran atau bakteri apapun di tubuh, kecuali yang di kehendaki Allah.

    - Berkumur

       Ilmu pengetahuan modern menyebutkan, berkumur menjaga mulut dan tenggorokan dari berbagai peradangan, serta menjaga gusi agar tidak bengkak atau bernanah. Selain itu, berkumur juga mnejaga dan membersihkan gigi dengan menghilangkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Manfaat berkumur lainnya yang amat penting adalah memperkuat otot-otot wajah, menjaga wajah agar tetap berseri. Gerakan ini juga berguna untuk ketenangan jiwa jika seseorang mengerakkan otot-otot mulut dengan baik saat berkumur.

     - Membasuh Hidung

       Sebuah penelitian ilmiah modern yang dilakukan oleh tim kedokteran Universitas Alexsandria menyebutkan, umumnya hidung orang-orang yang berwudhu secara rutin bersih dari debu, bakteri dan mikrobia. Seperti diketahui, bagian dalam hidung. Ketika hidung dibasuh secara ruin dengan menghirup air dan menyemprotkannya keluar dengan kuat, amka bagian dalam ini akan bersih dan seril dari berbagaai peradangan dan bakteri sehingga membias pada kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Karena, proses ini melindungi orang dari baha pemindahan mikrobia dari hidung ke bagian-bagian tabuh lain.

     - Membasuh Wajah dan Kedua Tangan

       Membasuh wajah dan kedua tangan sampai siku-siku memilki banyak sekali manfaat, seperti menghilangkan debu dan mikrobia, terlebih menghilangkan keringat dari permukaan kulit, di samping membersihkan kulit dari unsur-unsur lemak yang dikeluarkan oleh kelnjar kulit yang umumnya menjadi tempat yang cocok bagi bakteri untuk hidup dan berkembang hidup.

   - Membasuh Kedua Kaki

      Membasuh kedua kaki disertai dengan pemijatan yang baik memberikan rasa tenang dan nyaman, karena di kaki terdapat bayak saraf seluruh organ tubuh. Orang yang berwudhu pada saat bersamaan seakan memijat seluruh organ tubuh secara tersendiri kala membasuh kaki  dengan air dan ia pijat dengan penuh perhatian. Ini merupakan salah satu rahasia perasaan tenang dan tentram yang dirasakan muslim selepas wudhu.

    - Rahasia Lain

      Terbukti melalui penelitian ilmiah bahwa aliran darah pada bagian-bagian tubuh atas seperti tangan dan lengan, juga bagian-bagian tubuh bawah seperti kaki dan betis, lebih lemah dari baian-bagian tubuh lain karena posisinya yang jauh pusat aliran darah; Jantung. Untuk itu, membasuh bagian-bagian tubuh ini setiap kali wudhu dengan pemijatan akan membuat tubuh aktif dan energik. Juga terbukti melalui penelitian ilmiah, sinar matahari terlebih sinar ultraviolet berpengaruh dalam menimbulkan kanker kulit. Pengaruh ini akan sangat berukurang seiring wudhu yang dilakukan secara rutin, karena wudhu selalu melembabkan permukaan kulit dengan air, khususnya daerah-daerah yang terkena sinar matahari, sehingga melindungi sel-sel lapisan luar dan dalam kulit dari berbagai efek sinar matahari yang berbahaya.

     Itulah artikel singkat saya, semoga dapat Pambaca Blog KataLangka amalkan dalam kehidupan sehari-hari, serta mengharap Riho dan RahmatNYA tiada kekuatan kecuali atas kehendak Allah SWT.

    Terima Kasih

Komentar

Postingan Populer