Ingin Taklukkan Rasa Takut Berbicara di Depan Umun ! Ikuti Tips-tips ini


 Berbicara di depan umum termasuk pengalaman yang sangat menarik. Namun, terkadang hal tersebut dapat membuat Anda merasa sangat ketakutan sehingga telapak tangan menjadi berkeringat, jantung berdebar kencang, dan sesak nafas. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena rasa takut tersebut dapat di atasi dengan mencermati dan mempraktikan tips-tips menaklukkan rasa takut berbicara di depan umum berikut ini.



  Banyak Berlatih


      Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah banyak berlatih. Dalam sebuah pepatah dikatakan,"seseorang bisa karena terbiasa, seseorang tidak bisa karena tidak pernah berlatih". Pepatah tersebut sangat tepat untuk menggambarkan bahwa berlatih secara rutin dapat menaklukkan rasa takut berbicara di depan umum. Jika Anda telah selesai menyusun teks pidato/presentasi, cobalah untuk berlatih di hadapan teman atau anggota keluarga. Mintalah mereka untuk mendengarkan dan memberikan penilaian atas sesuatu yang anada sampaikan. Jika tenyata nilai yang di dapat kurang memuaskan maka Anda dapata memperbaiki cara berbicara di depan mereka di kesempatan berikutnya. Terus ulangi hal ini hingga akhirnya Anda dapat memperoleh nilai yang baik dari mereka.


  Belajar Mengembangkan Teks Pidato atau Presentasi


       Tips kedua yang perlu Anda praktikan adalah belajar mengembangkan teks pidato atau presentasi. Sebelumnya, pernahkah Anda menghadiri sebuah seminar di mana pembicara membaca teks pidato atau presentasi secara langsung/tekstual? Apa yang anda rasakan saat itu? Bukankah Anda merasa pidato atau presentasinya sangat hambar/membosankan? Agar hal seperti itu tidak terjadi pada Anda, ketika sedang berlatih, belajarlah untuk mengembangkan teks pidato atau presentasi. Jangan terpaku pada teks tersebut, tetapi cobalah untuk mengembangkan garis besar gagasan yang ada di dalamnya menurut Anda menguasai topik yang hendak di sampaikan di depan audiens. Sehingga, Anda tidak lagi merasa takut saaat bebicara di hadapan banyak orang.


  Menarik Nafas Dalam-dalam dan Mengehembuskannya secara Perlahan


Tps ketiga yang perlu Anda terapkan adalah menarik nafas dalam-dalam, kemudian menghembuskannya secara perlahan. Lakukan hal ini sebelum Anda mulai menyapa dan berbicara di depan banyak orang. Anda dapat menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan selama tiga atau lima kali sesuai keinginan Anda. meanarik nafas dalam-dalam dapat membuat Anda menjadi lebih tenang, sehingga terhindar dari rasa takut berbicara di depan umum.


   Merasa Paling Ahli atau Menguasai


  Tips keempat, Anda harus merasa paling ahli atau menguasai topik yang dibicarakan di depan umum-seperti mengenai lingkungan, kesehatan, gaya hidup sehat, korupsi, kenakalan remaja, dan sebagiannya. Jangan sampai Anda menunjukkan sikap kurang ahli atau tidak menguasai topik.sebab, hal ini dapat memancing diri Anda takut berbicara di depan umum. Lebih dari itu, hal tersebut bisa membuat audiens mencemooh dan mengacuhkan hal-hal yang anda sampaikan.


  Berpenampilan Rapi dan Serasi


  Tips kelima yang perlu Anda perhatikan adalah berpenampilan rapi dan serasi. Berkaitan dengan hal ini, Anda perlu banyak belajar dari para pembicara terkenal mengenai sesuatu yang mereka andalkan selain topik pembicaraan. Dapat Anda amati bahwa mereka pasti sangat memperhatikan penampilan. Oleh karena itu, Anda harus berpenampilan sebaik mungkin saat berbicara di depan umum. Melalui penampilan rapi dan serasi, Anda menajdi lebih percaya diri sehingga dapat mengurangi rasa takut saaat berbicara di hadapan publik.


    Tersenyum dan Melakukan Kontak Mata


   Tips keenam yang tidak kalah penting adalah tersenyum dan melakukan kontak mata. Patut Anda ketahui bahwa pidato dapat memberi kesan mendalam dan mengesankan bagi audiens apabila dibawakan secara interaktif. Oleh sebab itu, untuk menghilangkan rasa takut berbicara, Anda harus tersenyum dan melakukan kontak mata dengan banyak orang. Hal ini memang tidak mudah, tetapi Anda harus berusaha untuk melakukanya. Jika Anda benar-benar merasa kesulitan maka cukup berikan senyuman kecil.


     Menikmati Berbicara di Depan Umum


   Tips terakhir yang tidak bpleh dilupakan adalah menikmati berbicara di depan umu. Ketahuilah bahwa saat berbicara did epan umum, sebenarnya Anda sedang diberi kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan informasi. Maka, nikmatilah dan manfaatkan kesempatan itu untuk berinteraksi dengan mereka secara mengesankan. Berbicara di depan banyak orang adalah sebuah seni. Semakin Anda menikamti berbicara di depan umum, Anda kian terampil dan berani. Hal ini tentu saja membuat anda jauh lebih percaya diri sehingga tidak lagi merasakan ketakutan.


   Itulah beberapa tips yang telah saya bagikan semoga bermanfaat dan dapat menjadi sebuah pedoman bagi Anda yang sedang berusaha untuk berani berbicara di depan umum.



   Terima Kasih..


Komentar

Postingan Populer