Beberapa Tips Belajar Yang Akan Membuat Masa Depanmu Cerah



Tips-Tips Cara Belajar Yang Mudah Dan Efektif
            
         Mungkin kamu pernah merasa kesulitan dalam belajar dan sulit menerima pelajaran disekolah dan juga merasa ada beberapa mata pelajaran yang paling sulit dipahami. Oleh karena itu, kita disarankan untuk memiliki rencana belajar harian, mingguan, bulanan, semester, bahkan tahunan. Namun yang terpenting adalah kamu benar-benar melaksanakan jadwalnya dengan baik. Jadwal yang disusun harus digunakan denagn sebaik-baiknya untuk mengontrol kegiatan belajar secara disiplin, disini saya akan menjelaskan cara-cara belajar yang efektif dan sesuai dengan kamu. Inilah beberapa cara belajar yang mudah dan efektif.

1).  Cara Mengikuti Pelajaran Di Kelas
       Saat kamu berada di kelas, kamu harus berkosentrasi dalam mengikuti kegiatan belajar. Kosentrasi di tunjang oleh kemauan yang kuat untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi baru. Untuk itu diperlukan kesiapan jasmani dan rohani. Kamu sebaiknya bersikap aktif dalam setiap kegiatan kelas seperti diskusi, presentasi, atau tugas kelompok. Partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran akan membuat seluruh indra dan otakmu mampu menguasai materi dengan lebih efektif.

2).  Cara Belajar Di Rumah
       Mungkin kamu salah satu orang yang mudah bosan belajar di rumah. Oleh karena itu, kamu sebaiknya belajar dengan kreatif agar kamu tidak mudah bosan belajar dengan cara yang kamu sukai dan juga tidak usah terlalu lama belajar agar pikiran kamu juga dapat beristirahat. Jika kamu menyukai musik, maka belajarmu sebaiknya ditemani musik yang kamu suka tapi pilihlah musik yang tenang dan santai, tapi jangan memilih musik yang keras agar kamu dapat belajar dengan tenang, dan jika kamu menyukai game, maka belajarmu boleh dilengkapi dengan bermain game, namun pilihlah game yang santai dan juga tidak terlalu rumit seperti Minecraft atau Tahu Bulat tapi tetaplah fokus pada pelajaran yang kamu pelajari dan game hanya sebagai penghibur dan penenang saja.

3).  Cara Membaca Buku
       Sebelum kamu membaca buku, alangkah baiknya kamu melakukan survey sederhana atas buku yang hendak dibaca. Informasi mengenai buku tersebut, dapat diperoleh dari katalog buku yang bersangkutan, resensi buku media massa, informasi isi buku di bagian sampul belakang buku tersebut, kata pengantar atau pendahuluan buku. Jangan lupa memaksimalkan indeks buku! Indeks buku di bagian akhir buku sangat bermanfaat untuk secara langsung menemukan pada halaman berapa sebuah topik yang hendak dibaca berada. Misalnya, ketika kamu ingin mengetahui topik “ Perang Dunia II “, kamu tinggal melihat indeks buku pada bagian “S”. Pada saat membaca buatlah dirimu tenggelam dalam apa yang telah kamu baca, misalnya Perang Dunia II, ada baiknya kamu membayangkan dirimu berada ditengah-tengah suasana tahun 1940-an.Cara ini akan membuatmu Paham, Bukan Sekedar Hafal.

4).  Cara Membuat Ringkasan
       Dengan membuat ringkasan, kamu akan memilki catatan praktis yang berisi rangkuman hal-hal penting dari suatu materi. Walaupun di buku-buku pelajaran kadangkala ada semacam rangkuman, catatan memiliki kelebihan karena dibuat oleh tangan kita sendiri dengan menggunakan jalan pikiran sendiri. Gaya tulisan dan alur pikiran yang kita tumpahkan ke dalam ringkasan akan membuat materi dapat dipahami dengan lebih baik. Tulislah hal-hal yang penting saja dalam ringkasan. Gunakan kata-katamu sendiri sebisa mungkin. Ringkasan sebaiknya tidak dibuat dalam format alenia, melainkan dalam format bullet(poin-poin penting) atau skema/gambar. Buatlah ringkasan yang sistematis, yaitu ringkasan yang membedakan materi utama dengan sub-sub materi sehingga kamu dapat melihat keterkaitan antar materi yang kamu pelajari.

5).  Cara Menghafal
       Ada materi pelajaran yang tidak sekedar menuntut pemahaman kita dan seringkali kita harus menghafalnya. Coba kamu renungkan. Mengapa kamu bisa ingat dan tidak lupa nama teman-temanmu. Hal itu karena kamu terlibat dalam pergaulan sehari-hari dengan teman-temanmu dan kamu juga terlibat melewati jalan menuju rumah atau sekolahmu serta melakukannya secara berulang-ulang. Hal yang serupa berlaku juga dalam menghafal materi pelajaran. Keterlibatanmu dalam materi pelajaran yang hendak kamu hafal akan tercapai jika kamu benar-benar berkeinginan memahami pelajaran tersebut karena meyakini manfaatnya bagimu dimasa depan. Memahami Pelajaran Adalah Kunci Menghafal Pelajaran. Kamu mungkin dapat menghafal suatu pelajaran dengan baik, tetapi kamu akan dengan mudah melupakannya karena kamu tidak benar-benar memahami apa yang kamu hafalkan. Namun, meskipun kita dapat memahami sesuatu dengan baik, kita tidak dapat dengan serta menghafalkannya dengan baik karena begitu banyak hal yang harus dihafal dalam suatu unit materi. Namun, kita dapat mengatasi hal ini  dapat dengan menggunakan metode chunking.
       Metode Chunking adalah metode pengelompokan unit-unit hafaln menjadi kurang dari tujuh kelompok. Hal ini bertujuan memudahkan otak mengingat unit-unit hafalan tersebut. Misalnya, mengingat nomor hp 085218016666 akan lebih mudah diingat jika kita mengingatnya dalam kelompok (0822) (1801) (6666). Kita juga dapat menggunakan metode jembatan keledai. Pada metode ini, kita membuat suatu kalimat yang logis untuk mengingat beberapa unit hafalan. Misalnya, untuk menghafal nama warna pada pelangi beserta urutannya secara tepat, kita dapat menggunakan metode JEMBATAN KELEDAI.
Merah   =   Me
Jingga   =   Ji
Kuning  =   Ku
Hijau     =   Hi
Biru       =   Bi
Nila       =   Ni
Ungu     =   U
       Kalau digabung dalam satu kata,”MEJIKUHIBINIKU’’ mungkin akan lebih mudah dihafalkan daripada “ Merah-Jingga-Kuning-Hijau-Biru-Nila-Ungu”. Dan kamu juga dapat membuat kalimat sendiri yang bisa digunakan untuk mengingat hafalan lain.
         
       Itulah beberapa tips menarik yang dapat saya bagikan untuk kamu. Ada banyak tips dan cara  yang dapat digunakan untuk belajar yang efektif. Akan tetapi, yang paling penting adalah kemauanmu untuk belajar dan mendapatkan kompetensi dari apa yang kamu pelajari.

Komentar

Postingan Populer