Tidak Disangka? Ternyata Indonesia Memiliki 17 Keistimewaan Yang Diakui Dunia



               17 Keistimewaan Indonesia Di Mata Dunia

17 Keistimewaan Indonesia Di Mata Dunia

     Halo sobat Katalangka kali ini kita akan membahas tentang 17 keistimewaan Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain. Mungkin ada beberapa keburukan yang ada di Indonesia yang dilakukan oleh orang-orang yang ingin memecah belah negara Indonesia, namun kita patut berbangga karena masih ada keistimewaan Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara manapun yang ada di dunia. Dan bagi yang kurang bangga atau malu jadi warga negara Indonesia wajib membaca artikel ini sampai selesai. Inilah keistimewaan dari negara Indonesia yang telah kami pilih.

1).  Indonesia Di Juluki Dengan Zamrud Khatulistiwa
Indonesia Di Juluki Dengan Zamrud Khatulistiwa
      Zamrud khatulistiwa adalah sebutan untuk Indonesia, hal ini dikarenakan di Indonesia terdapat banyak sekali hutan yang tersebar di Indonesia dan jika di lihat dari ketinggian akan terlihat seperti batu zamrud berwarna hijau.

2).  Sumber Inspirasi Kriss SVD

Kriss SVD
      Dalam game Point Blank kalian pasti pernah melihat atau memakai sentaja yang namanya Kriss SVD. Ternyata nama kriss terinspirasi dari senjata tradisional indonesia yaitu Keris. Dan satu lagi ternyata pencipta Kriss SVD juga pernah tinggal di Indonesia.

3).  Negara Yang Pernah Keluar Dari PBB

Negara Yang Pernah Keluar Dari PBB
      Indonesia merupaka negara pertama yang mungkin satu-satunya yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa(PBB) Pada tanggal 7 januari 1965. Namun pada tahun 1966 Negara Kesatuan Republik Indonesia bergabung kembali ke dalam PBB. Indonesia keluar dari PBB disebabkan karena konflik yang terjadi antara Malaysia dan Indonesia, Malaysia dicalonkan sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Pada tanggal 31 Desember 1964 Presiden Ir. Soekarno menyatakan ketidaksetujuannya dan Malaysia tetap diterima sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

4).  Danau Vulkanik Terbesar Didunia

Danau Vulkanik Terbesar Didunia
      Indonesia memiliki danau vulkanik terbesar didunia yaitu Danau Toba dengan panjang 100 km dan lebar 30 km yang terletak di Provinsi Sumatra Utara dan merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

5).  Ikan Mudskipper Hanya Ada Di Indonesia

Ikan Mudskipper
      Tahukah kalia bahwa Ikan Mudskipper hanya ada di Indonesia loh? Ikan ini juga disebut dengan ikan Tempakul. Keahlian yang dimiliki oleh ikan ini diantaranya, dapat memanjat akar-akar pohon bakau, melompat jauh, merangkak di lumpur, dan 90% waktunya dihabiskan di daratan. Ikan ini menggunakan siripnya seperti lengan untuk memanjat dan melompat.

6).  Manusia Purba Tertua Didunia

Manusia Purba Tertua Didunia
      Manusia purba tertua didunia berada di Indonesia yaitu Pithecantropus Erectus dan di perkirakan hidup sekitar 1,8 juta tahun lalu. Manusia purba ini ditemukan oleh Eugene Dubois di desa Sangiran, Jawa Tengah,sekitar 18 km ke utara dari kota Solo.

7).  Merupakan Negara Pertama Setelah Berakhirnya Perang Dunia ll

 Negara Pertama Setelah Berakhirnya Perang Dunia ll
     Indonesia merupakan negara pertama yang lahir setelah berakhirnya perang dunia ll dan negara tertua ke-70 di dunia.

8).  Merupakan Negara Maritim Terbesar Didunia

Negara Maritim Terbesar Didunia
      Indonesia memiliki perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 hampir 25% panjang pantai di dunia.

9).  Bahasa Daerah Terbanyak Didunia

Bahasa Daerah Terbanyak Didunia
     Indonesia memiliki sekitar 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku di Indonesia. Dengan dijadikannya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional bukan berarti menghilangkan bahasa daerah lainnya tetapi menyatukan berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia sebagai bahasa persatuan.

10).  Negara Muslim Terbesar Didunia

Negara Muslim Terbesar Didunia
        Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduknya. Dan juga negara asal jemaah haji terbesar didunia.

11).  Memiliki Pulau Terbesar Kedua Didunia

pulau terbesar keenam di dunia.
        Pulau Papua adalah pulau terbesar kedua didunia setelah Greenland(Denmark), pulau Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga didunia, dan Sumatera adalah pulau terbesar keenam di dunia.

12).  Memiliki Bunga Terbesar Didunia

Bunga Terbesar Didunia
        Rafflesia Arnoldi dikenal dengan bunga bangkai yang ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold pada tahun 1818, sehingga dinamai berdasarkan gabungan dari dua nama tersebut yaitu Rafflesia Arnoldi. Bunga ini memiliki berat sekitar 7kg dan tidak memiliki batang, daun maupun akar yang sesungguhnya.

13). Memiliki Suku Bangsa Terbanyak Didunia

Memiliki Suku Bangsa Terbanyak Didunia
       Di Indonesia terdapat lebih dari 740 suku bangsa, dan di Papua saja terdapat 270 suku. Menurut Clifford Geertz, diIndonesia terdapat 300 suku bangsa, sedangkan menurut Koentjaraningrat terdapat 119 suku bangsa.

14).  Memiliki Primata Terkecil Didunia

Memiliki Primata Terkecil Didunia
        Primata terkecil didunia adalah Tarsier Pygmy atau di sebut juga dengan Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cn saja. Hewan ini hidup diatas pohon di Sulawesi dan mirip dengan monyet namun berukuran kecil.

15).  Tempat Ditemukannya Ikan Terkecil Didunia

Tempat Ditemukannya Ikan Terkecil Didunia
        Ikan terkecil didunia ditemukan di rawa-rawa berlumpur sumatera ikan ini diberi nama Paedocypris progenetica. Panjangnya hanya 7,9 mm ketika dewasa ukurannya kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak memiliki kepala.

16).  Biji Kopi Termahal Didunia

Biji Kopi Termahal Didunia
        Biji kopi luwak adalah biji kopi termahal didunia yang ada di Indonesia. kopi ini berasal dari kotoran luwak yang diolah menjadi kopi. Kopi ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang nikmat sehingga menjadi kopi termahal didunia.

17).  Pesona Musik Gamelan

Pesona Musik Gamelan
       Tahukah kalian? Bahwa musik gamelan menjadi mata pelajaran wajib di Singapura dan diajarkan hampir pada sebagian wilayahnya. Tidak salah bahwa musik gamelan memang merdu dan membuat pikiran menjadi tenang sehingga menjadi mata pelajaran wajib di Singapura.

       Di berita kita sering melihat terjadi banyak keburukan yang ada di Indonesia seperti Tawuran, Korupsi, dan para pecandu narkoba dan lain sebagainya. Akan tetapi ada banyak sekali keistimewaan yang dimiliki Negara Kesatuan Republik Indonesia yang patut kita banggakan dan dalam artikel ini hanya sedikit yang bisa kami beritahukan kepada kalian warga negara Indonesia. Bukan karena kesamaan kita kuat tapi karena perbedaanlah kita kuat dan perbedaan kita tidak dimiliki oleh negara lain. Jangan sampai kita terpecah-belah hanya karena perbedaan kita adalah warga Negara Kesatuan Republik Indonesia di bawah Pancasila dan UUD 1945.

Komentar

Postingan Populer